Hidup

 

Apa tujuan hidup kita…?

 

Saat ini banyak kita saksikan manusia melakukan hal yang bermacam-macam di dunia. Mulai dari perbuatan yang baik sampai perbuatan yang buruk telah manusia perbuat. Banyak orang yang memiliki nafsu yang besar yang membuatnya jatuh dalam perzinaan. Kemudian banyak orang yang haus akan uang dan kekuasaan yang membuat manusia ingin lebih unggul daripada manusia lain. Dan sekarang kita melihat fakta bahwa korupsi merajalela di negara kita, penyuapan bahkan mengambil tempat tertinggi.

Allah berfirman:

“Dan Orang-orang kafir itu bersenang-senang(di dunia) dan makan seperti makannya binatang-binatang dan neraka adalah tempat tinggal mereka” (Muhammad:12)

Dalam Al Qur’an tentunya juga memuat mengenai beberapa hal yang mengenai sifat manusia, yang tak pernah bosan dengan harta yang ingin dimilikinya, seperti firman Allah:

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, oerak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah lading, itulah kesenagnan hidup di dunia, disisi Allah-lah tempat kembali yang baik” (Ali Imran:14)

Di Indonesia sendiri, permasalahan-permasalahan moral telah menjadi hal yang telah ramai diperbincangkan. Bahkan di media massa, hampir setiap hari kita dengarkan kabar-kabar yang tak sedap terdengar di telinga kita, seperti seseorang yang membunuh ibunya sendiri, 14 pemuda yang memperkosa seorang gadis hingga  tewas, kemudian yang baru-baru ini kita dengar adalah seorang mahasiswa yang menggorok leher dosennya. Beberapa kabar ini sungguh hal yang memperhatinkan yang terjadi di negara kita.

Beberapa kasus di atas adalah beberapa kemaksiatan yang dilakukan hampir oleh pemuda. Perlu kita ketahui bahwa pemuda merupakan agent of change bagi Indonesia. Pemuda memainkan peranan kunci dalam suatu negara. Jikalau seluruh pemuda Indonesia moralnya rusak, maka rusaklah system-sistem yang ada dalam negara tersebut. Oleh sebab itu, dibutuhkan strategi yang jitu bagaimana supaya moral pemuda menjadi sesuai dengan cita-cita bangsa dan agama.

Mungkin banyak dari kita yang pernah mendengar bahwa perbaikan moral sebenarnya dimulai dari usia dini.  Karena di usia dinilah seharusnya para pemuda dididik dan dibekali dengan ilmu agama.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s