Gili Asahan, Pesona Lombok Yang Kesepian

Assalamualaikum……

Hello Guys…, How are you…,

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah tempat wisata di Lombok yang sangat jarang terdengar di tataran masyarakat Nusa Tenggara Barat. Telah kita ketahui bersama bahwa Nusa Tenggara Barat memiliki banyak sekali daerah-daerah yang memiliki Pemandangan alam menakjubkan. Lombok merupakan salah satu asset Indonesia yang kaya akan keindahan alam yang mampu menghipnotis para wisatawan Indonesia maupun asing untuk mengunjungi daerah wisata di berbagai daerah yang terkenal dengan pulau seribu masjid ini.

Salah satu asset yang perlu kita tahu adalah keindahan pulau di Gili Asahan. Gili Asahan merupakan sebuah pulau kecil (seukuran dengan Gili Trawangan) yang berada di daerah Sekotong, Lombok Barat. Jarak tempuh yang cukup jauh kita tempuh jika perjalanan dimulai dari Praya, Lombok Tengah, sekitar 4 jam perjalanan.

Seperti halnya Gili Trawangan, Asahan juga menggunakan sampan kecil untuk menyebrang langsung ke pulaunya. Dengan hanya membayar beberapa ribu maka kita sudah dapat berlayar ke Gili Asahan. Selama menyebrang kita akan disuguhkan dengan keindahan laut yang membentang ditemani pulau-pulau kecil di sekitar Gili Asahan.

Kehidupan masyarakat di Gili Asahan sangat tidak seberuntung di daerah perkotaan. Mereka kerap kali mendapat halangan yang cukup mengkhawatirkan mulai dari makanan pokok sehari-hari sampai dengan masalah pendidikan anak-anak di sana. Sehari-hari mereka memperoleh makanan atau membeli produk yang mereka jual dengan menyebrang menggunakan sampan ke pulau Lombok. Belum kita memikirkan barang-barang yang dibawa, basah terkena air laut. Kemudian masalah pendidikan yang menjadi permasalahan bukan hanya di Gili Asahan, namun juga di seluruh Indonesia. Di Sana hanya terdapat SD saja, itupun SD

IMG_20160711_200424IMG20160711174522IMG20160711171849

sederhana. Setelah anak-anak lulus mereka harus menyeberang ke Lombok untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, bahkan kebanyakan merekan dikirim ke pondok pesantren.

Wisatawan jua tak ketinggalan ikut serta dalam mengunjungi pariwisata Gili Asahan. Wisatawan asing dari berbagai negara mendominasi di Gili Asahan. Bahkan mereka telah membangun villa di sana. Inilah salah satu bukti bahwa wisatawan asing lebih mencintai alam Indonesia dari pada masyarakat kita sendiri. Yang lebih memalukan lagi banyak orang yang saya Tanya, tak banyak yang tahu tentang Gili Asahan.

Tiga Foto di Gili Asahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s